Senin, 14 Desember 2015

Riwayat pendidikan

postingan kali ini masih berhubungan dengan arsip, dan yang akan saya buat adalah tentang arsip pendidikan. Arsip pendidikan bukan hanya jenis arsip yang berhubungan dengan berkas-berkas penting yang ada di dinas pendidikan,  sekolah, maupun di perguruan tinggi, tapi objeknya juga bisa dijadikan arsip, yang penting arsip itu memiliki nilai. contohnya tentang riwayat pendidikan yang kita tempuh dari mulai SD - perguruan tinggi dan hal tersebut memiliki nilai fakta.
Dan inilah riwayat tentang sekolah yang saya tempuh dari TK - SLTA
TK (Taman Kanak-Kanak) Melati mekar

                Di tempat inilah awal saya mengenyam pendidikan, yaitu pada tahun 2001, saat saya berumur 5 tahun. TK ini berlokasi di dusun Depok RT 03 RW 01, Desa Tanjungmekar, Kec Tanjungkerta  Sumedang. Berlokasi cukup strategis karena berada di tengah-tengah permukinan warga, sehinnga memudahkan untuk memperoleh pendidikan tersebut. TK ini bisa dikatakan kecil di banding dengan Tk-tk yang ada di perkotaan dengan fasilitas yang lengkap, ( yahh namanya juga dipededsaan ya pasti serba terbatas), tapi pendidikan di sekolah ini tidak kalah bagusnya dengan  pendidikan-pendikan yang ada di kota. Di katakan kecil karena  sekolah ini memiliki 2 ruangan yaitu ruangan belajar yang cukup menampung murid  ± 35 murid, dan ruangan kantor plus sebagai tempat menyimpan mainan, meskipun terdapat dua ruangan tetapi sekolah ini memiliki halaman yang cukup luas yang dilengkapi dengan berbagai  fasilitas mainan, dan beberapa tanaman yang membuat sekolah ini menjadi kelihatan indah dan sejuk, sehingga cocok untuk anak-anak usia dini, dan tentunya akan membuat anak-anak menjadi senang, betah dan ceria. Pada saat itu Tk ini hanya memiliki dua guru pembimbing yaitu bu Endah dan bu Mimin, mereka sangat ramah dan sabar dalam menuntun dan mengajarkan anak didiknya.

MI (Madrasah Ibtidaiyah) Karanglayung

Mi ini adalah tempat kedua saya untuk menereuskan pendidikan, MI karang layung bertempat di dusun sudimampir, Tanjungkerta, Sumedang. Pendidikan MI sama dengan pendidikan sekolah dasar , tetapi Mi lebih berbasis islam (agama) sehingga terdapat nilai plus yang terkandung di dalamnya. Namun sayangnya dulu sekolah ini masih dibilang kurang, karena memiliki tempat dan ruangan  yang kecil dan ruangan itu diantaranya:
Ruang belaja      :  3 rauang ,kenapa 3 ruang bukannya pendidikan dasar ini ada 6 tingkatan? Alesannya karena jumlah murid yang sedikit dan terbatasnya ruang kelas  memungkinkan setiap ruanganya disekat menjadi 2 ruangan.
Ruang kantor     : 1 ruang
Kamar mandi     : 1 ruang
Meskipun memiliki ruang yang sedikit tetapi sekolah ini selalu mendapat banyak prestasi . Dan sekarang saya merasa senang karena lambat laun sekolah ini semakin maju dan berkembang dari tahun ketahunnya  dan muridnyapun semakin bertambah, dan saat saat ini MI karanglayung menjadi sekolah no 1 dibandingkan dengan sekolah-sekolah dasar lainnya yang ada di kecamatan tanjungkerta, baik dari bidang keuangan, prestasi an lain sebagainnya.

 SMPN 2 Tanjungkerta

                Setelah lulus dari MI pada tahun 2009 saya melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu SMPN 2 Tanjungkerta yang bertempat di jln Sukamantri Tanjungkerta Sumedang. Sekolah ini memiliki banyak ruamgan yang terdiri dari
Ruang belajar                       : 1
Laboratorium IPA               : 1
Labratorium Komputer    : 1
Ruang Kesenian                  : 1
Mushola                                   : 2
Perpus                                    : 1
Kantin                                     : 2
UKS                                          : 1
Ruang Olahraga                   : 1
Kamar Mandi                       : 8 ( 2 WC guru dan  WC siswa)
Di dekolah ini juga disediakan berbagai macam extrakulikuler agar siswa dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, diantaranya:
1.         Paskibra
2.         Pramuka
3.         PMR
4.         Kesenian
5.         Olahraga (voli dan sepak bola)
Sekolah ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efesien, sekolah ini juga selalu mendapatkan banyak prestasi, baik prestasi akademik maupun nonakademik, dan banyak alumni sekolah ini yang menjadi ketua osis dan ketua-ketua bidang lainnya di sekolah-sekolah yang mereka duduki. Dan itu menjadi sebuah kebanggaan , karena sekolah ini berhasil mendidik murid-muridnya salah satunya menjadi orang yang memiliki jiwa kepemimpinan.

SMAN Tanjungkerta

          Pada tahiun 2012 saya melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SLTA, saya melanjutkan pendidikan di SMAN Tanjungkerta. Sekolah ini telah terakreditasi “A” sejak tahun 2008.  sesuai namanya SMA ini berlokasi dikecamatan tanjungkerta tepatnya di daerah Sukamantri,Tanjungkerta. Lokasi sekolah ini jauh dari mana-mana, dilihat dari letak geografisnya yang kurang menguntungkan, jalannya dilalui satu jalur angkutan perdesaan. Tetapi meskipun begitu terdapat nilai lebih dari letak geografisnya tersebut, yaitu akan terasa nyaman apabila sekolah disini, karena selain dekat dengan permukiman warga, SMA ini juga begitu asri karena berada di atas bukit sehingga terasa sejuk oleh pepohonan yang  berada disekitarnya, selain itu akan terlihat sajian pemandangan alam yang membuat otak menjadi frees. yang jarang ditemukan disekolah-sekolah lain, apalagi diperkotaan.
          Sekolah ini pada awalnya merupakan kelas jauh dari SMAN 4 Sumedang (yang sekarang berubah menjadi SMAN 2 Cimalaka) yang dibuka pada tahun 1994. Pada waktu itu hanya membuka satu kelas. Sementara pembangunan gedung sekolahnyya sendiri dilakukan pada tahun 1995 dan mulai menempatinya pada tahun pelajatan 1996/1997 dengan menerima tiga kelas 1 kemudian menjadi sekolah negeri mandiri melalui surat keputusan SK Penegerian Nomor107/O/1997 tertanggal 16 Mei 21997. Dan dibuka secara resmi pada tanggal 30 Juli 1997 oleh kepala kanwil Depdiknas Provinsi Jawa Barat.
SMAN Tanjungkerta memiliki rincian ruangan sebagai berikut
Ruang belajar                             : 14 kelas
Kantor Guru                                : 1 ruang     
Ruang kepsek                            : 1 ruang
Ruang Wakil Kepsek                : 1 ruang
Tata usaha                                   : 1 ruag
Perpustakaan                             :  1 ruang
Laboratorium IPA                     : 3 ruang ( Fisika, Kimia, Biologi)
Laboratoium komputer          : 1 ruang
Ruang Tamu                                : 1 ruang
Ruang  Osis                                  : 1 ruang
Ruang Bimbingan Konseling : 1 ruang
Mushola                                       : 1 ruang
Kamar mandi                              : 11 ruang ( 2 WC Guru, 9 WC siswa)
Ruang Olahraga                         : 1 ruang
UKS                                                : 1 ruang
Ruang Kesenian Kantin          : 1 ruang
Gudang                                         : 1 ruang
Disekolah ini juga disediakan berbagai macam extrakulikuler diantaranya:
1.       Paskibra
2.       Pramuka
3.       PI (Padjajaran Indonesia)
4.       Olahraga ( Sepak bola, Volly, Badminton, Futsal , Basket)
5.       Kesenian
6.       PA ( Pecinta alam
7.       PMR
Jurusan:
1.       IPA
2.       IPS
        Di masa SMA inilah dimana persaingan sudah semakin ketat, dan tingkat kedisiplinanpun semakin tinggi, Fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai bagi siswa/i nya. prestasi sekolah ini juga sangat bagus dan sering menjuarai olimpiade dan berbagai macam perlombaan baik dari tingkat daerah maupun provinsi, contohnya olimpiade Fisika, kimia, Biologi PI dan msih banyak kejuaraan-kejuaraan lainnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar